Rabu, 27 Januari 2010

prediksi motor hoda yang akan keluar 2010

OTOMOTIFNET - Meramaikan pertarungan perebutan kue pasar sepeda motor untuk 2010, tentu tak cuma PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang menyiapkan jagoan baru. Tapi ‘rival abadinya’ PT Astra Honda Motor (AHM) pun sudah pasang kuda-kuda.

Setidaknya, kalo YMKI punya 6-7 model, AHM juga bakal menyiapkan jumlah varian serupa. Yakni di kelas bebek, sport dan skutik. Seperti dibisikkan sumber terpercaya kami, “Kira-kira ada 7 tipe, baik itu baru dan refresh,” katanya.

Namun sejauh ini yang sudah mulai terlihat gerak-geriknya ada beberapa model kemungkinan dirilis. Di antaranya di kelas cub ada bekti alias bebek ber-CVT (transmisi otomatik) yang saat ini sedang diuji coba di Thailand untuk pasar ASEAN 2010.

Basis mesinnya dari bebek, konstruksi keseluruhan mirip punya Honda Blade. Perbedaan mendasar pada rangkaian kopling, di mana konstruksi CV-Matic menggantikan kopling sentrifugal dan rumah kopling beserta rangkaian gigi dan botol transmisi.

Perbedaan CV-Matic dengan CVT (Continuous Variable Transmission) skutik hanya pada jarak antar puli. Di CV-Matic, jarak puli depan dan belakang sangat pendek, menyesuaikan desain bak kopling pada mesin motor bebek.

Beda dengan skutik yang puli belakang sejajar roda belakang. Jadi penyaluran tenaga ke roda belakang pada CV-Matic tetap pakai rantai.

Perbedaan lain, pada sistem pendinginan. Pada CV-Matic, puli depan juga digunakan buat menyedot udara dingin dari luar, lalu setelah mendinginkan rangkaian sabuk dan puli, oleh puli belakang udara panas didorong keluar. Dengan sistem ini sabuk jadi lebih tahan lama.

Itu sekilas buat si bekti. Lainnya, AHM punya sport berkapasitas 150 cc. Pilihannya antara Hunk 150 dan Unicorn 150. Keduanya sama-sama kuda besi dari India yang sudah lama digosipin motormania Tanah Air, terutama di blog-blog.

“Kalo ngeliat tampilan, Hunk punya kans lebih gede dari Unicorn,” tambah sumber kami lagi.

Sport 150 lain yang juga diisukan bakal digelontor ke pasar nasional adalah CBR 150. Kabarnya kalo jadi dijual, bakal di-CKD-kan. “Tapi kalo ini tentatif lo, melihat apakah animo motormania di sini masih besar atau tidak,” urainya.

Selain itu, Honda Tiger juga akan naik kelas menjadi 250. Cuma sampai saat ini belum pasti si Macan akan pakai baju apa?

“Saat ini masih ditimbang-timbang. Apakah pakai bodi Twister atau justru memboyong CBR 250 yang saat ini juga lagi dikembangkan di Thailand,” tambah sumber ramah itu.

Gimana skutik? Pastinya ada yang anyar. Pilihannya, adalah Honda Scoopy-i yang udah duluan dilaunching di negeri Gajah Putih dua bulan lalu. Tampilan retro bin jadulnya dijamin menggoda skutiker Tanah Air. Dibekali mesin 110 cc, 4-Tak, SOHC, berpendingin udara dan sistem injeksi (PGM-FI).

Menurut sumber kami, kemungkinan, Juni dipasarkan di sini. “Oh ya, BeAT tahun depan juga akan direfresh lagi. Dijamin lebih trendi dan gaul, deh!” tutupnya.

Beuuehh... perang bintang makin seru nih di 2010!

Penulis/Foto: Tim Otomotif / Dok.Otomotif

0 komentar:

Posting Komentar